Dongkrak Mobil Hidrolik atau Botol | Pengertian , Cara Kerja sistem & Harga

dongkrak mobil hidrolik
Pengertian , Cara Kerja sistem hidolik

Pengertian dan Prinsip cara kerja Sistem Dongkrak Hidrolik atau Dongkrak mobil Botol dengan harga terjangkau ini sangat berguna  untuk pekerjaan pengangkat lebih tepatnya pengungkit beban yang berat.

Memiliki Dongkrak Mobil Hidrolik Selain Dongkrak Jembatan/gunting bawaan asli dari mobil, sudah menjadi hal yang lumrah, karena biasanya seiring pemakaian, dongkrak bawaan sudah mulai selip / rusak. Sehingga pilihan dongkrak botol  menjadi pilihan pengganti, yang diyakini lebih awet dan lebih kuat. Tentunya dipilih yang memiliki kapasitas kekuatan maksimal yang lebih besar.

hidrolik jack - dongkrak botol - dongkrak mobil
Dongkrak Hidrolik Botol

Harga dongkrak hidrolik botol umumnya memang lebih mahal di banding harga dongkrak mobil model jembatan, tapi lebih murah harganya dibanding dongkrak hidrolik buaya. Cara Kerja Dongkrak buaya juga menggunakan Pengertian / prinsip sistem hidrolik. Bedanya Untuk Dongkrak buaya biasanya dipakai pada bengkel-bengkel mobil yang memang lebih sering pemakaiannya untuk melakukan service / perbaikan, dibanding pemilik mobil pribadi yang hanya dipakai ketika kondisi darurat untuk mengganti ban.

Dongkrak hidrolik terdiri dari dua buah tabung yg saling berhubungan dan memiliki diameter yang berbeda ukurannya. Masing- masing ditutup dan diisi cairan pelumas atau Oli. Dan kelebihan lainnya adalah dimensinya yang cukup ringkas untuk dimasukkan kedalam mobil. Walaupun dongkrak botol ini lebih kecil namun kemampuannya cukup untuk mengangkat beban yang cukup besar, Dongkrak sistem hidrolik memiliki kekuatan maksimal yang bervariasi, mulai 2 ton, sampai 1000 ton. Kemampuan yang besar ini karena prinsip cara kerja sistem Dongkrak hidrolik menggunakan penerapan prinsip bunyi hukum pascal. tentunya semakin besar makin mahal juga harganya.

Jika anda dpt mengangkat beban yg berat dgn tenaga yg ringan. Hal tsb pasti amat menolong anda. Coba Bayangkan andai kita mesti mengangkat beban berat misalnya mobil dgn tenaga anda sendiri pasti bakal amat sulit dan butuh akan byk tenaga. bagaimanakah pengertian prinsip kerja dongkrak hidrolik hingga dapat mengangkat beban yang berat? oleh karena itu anda mesti memahami pengertian bahwa  hukum pascal dpt berfungsi pd dongkrak hidrolik maupun penerapan hukum pascal pd peralatan tsb.

bunyi hukum hukum Pascal menyatakan “tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar(sama rata)”, ini juga disebut sebagai hukum bejana berhubungan.

rem hidrolik
rem mobil dengan prinsip kerja hidrolik
Dengan Pengertian tersebut maka prinsip cara kerja dongkrak hidrolik botol yang memiliki kemampuan daya angkat makin besar pasti memiliki tabung yang semakin besar pula.

Sistem Hidrolik ini, selain dongkrak botol, ada juga yang cara kerjanya menggunakan prinsip ini misalnya : Alat Press, Sistem Pengereman, Pompa Hidrolik, dll


Cara Pemakaian Dongkrak mobil hidrolik untuk penggantian ban dan posisi peletakannya.

Pada mobil masa kini letak posisi titik tumpu untuk pemasangan dongkrak mobil sdh ditentukan letaknya. Titik Tumpuannya jg dilakukan penyesuaian dgn kepala tumpuan dongkrak hidrolik supaya pas dan tak gampang bergeser. Penggunaannya pun hanya dipakai buat mengangkat satu sisi/satu posisi ban mobil, tidak boleh ditengah dgn maksud mengangkat dua roda. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah pastikan kondisi landasan dongkrak botol dan posisi mobil benar-benar stabil agar tidak terjadi selip / goyang yang menyebabkan dongkrak terpelesat/terguling. Dan untuk mobil yang tidak disertai petunjuk titik tumpuan dongkrak mobil hirolik, harus dipastikan peletakkanya adalah pada bagian belakang yaitu di sasis kendaraan , sedangkan bagian depan adalah  pada arm , jika akan melakukan penggantian ban. Tapi khusus rangka mobil monokok tidak disarankan bertumpu pada arm, tapi di sasis saja.




Related Post