Pengertian perbedaan sifat bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli

Memahami pengertian perbedaan bilangan bulat, bilangan cacah dan bilangan asli, termasuk sifat-sifatnya untuk memantapkan pemahaman. Didalam setiap ilmu yang dipelajari manusia, selalu menyertakan unsur bilangan, dimana bilangan adalah bentuk penyampaian informasi berupa perhitungan pengukuran atau pencacahan. Dan untuk menampilkan hasil perhitungan tersebut digunakanlah lambang bilangan yang berupa angka.  Dan angka-angka tersebut pun terbagi-bagi menjadi berbagai macam bentuk bilangan, yang memiliki sifat-sifat yang berbeda pula. Disini sebagai dasar akan kita bahas perbedaan dari sifat ketiga bilangan, yaitu bilangan bulat, bilangan cacah, dan bilangan asli saja. Untuk bilangan yang lainnya akan kita bahas di artikel lainnya, misalnya bilangan prima, kompleks, real, imajiner, ganjil, genap dan lain sebagainya.

Pengertian sifat Bilangan

Bilangan bulat adalah bilangan yang bukan pecahan yang terdiri dari angka negatif, nol, dan positif. Atau bisa kita tuliskan deretan sebagai berikut :

…..dan sebelumnya ….-5, -4, -3, -2, -1, 0 , 1, 2, 3, 4, 5… dan selanjutnya……

Jadi bilangan ini dapat dibagi lagi menjadi 3 bagian yaitu : bilangan bulat negatif, bilangan O, dan bilangan bulat positif.

Bilangan Cacah adalah bilangan bulat yang bukan negatif, bisa kita tuliskan deretannya sebagai berikut :

0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, …… dan seterusnya …….

Bilangan Asli adalah bilangan Cacah tanpa angka 0 ( nol ), dalam deretan angka seperti dibawah ini :

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12…… dan seterusnya …….

Dari penampilan ketiga bilangan tersebut sangatlah jelas, dari deretan tersebut ada perbedaan yaitu : bilangan asli hanya berupa angka bulat tanpa angka 0 dan angka negatif. Lalu bilangan cacah berupa bilangan asli dengan penambahan angka 0, dan bilangan bulat adalah bilangan cacah ditambah dengan bilangan bulat negatif. Atau juga dapat di lihat pada gambar dibawah ini :

Related Post