Pengertian Bunyi Hukum Pascal | Rumus ,Penerapan & Contoh soal

Belajar tentang Pengertian dari Prinsip bunyi hukum pascal beserta rumus dan contoh soal serta berbagai penerapan nya dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai penemuan didalam dunia teknik atau fisika menjadi landasan akan kemajuan dibidang teknologi, yang kemudian setelah diterapkan akan tercipta berbagai alat-alat teknik yang sangat membantu meringankan kerja manusia . Bahkan alat-alat berat dengan kemampuan besarpun dapat diwujudkan.

bunyi hukum Pascal adalah “Jika tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar (sama rata)". 

Pernyataan tersebut awalnya diutarakan oleh Blaise Pascal. stlh mengerjakan uji coba dgn menggunakan peralatan penyemprotan (semprotan Pascal), ia mengatakan bahwa tekanan yg diberikan pd zat cair di dlm ruang yang tertutup dilanjutkan ke semua arah persis sama besar. kemudian, pernyataan tsb terkenal sbg bunyi prinsip hukum pascal.
 
Jika penampang kecil kita tekan maka penampang tersebut mendapatkan gaya sebesar F1 terhadap luas bidang penampang A1 , maka akan timbul Tekanan sebesar P1.

berdasarkan bunyi hukum Pascal diatas maka, Pengertian nya adalah : tekanan sebesar P tersebut akan diteruskan ke penampang yang besar  dengan tekanan yang sama besar. sehingga pada penghisap besar pun akan memiliki tekanan Pyang sama besar juga sebesar P1. Tekanan ini menyebabkan Penampang A2 mendapatkan gaya sebesar F2


dari penjelasan diatas maka pengertian nya dapat dituliskan persamaan atau rumus hukum pascal sebagai berikut :  

rumus hukum pascal

Keterangan :
F1 = besar gaya pada penampang 1 (N)
F2 = besar gaya pada penampang 2 (N)
A1 = Luas penampang 1 (m2)
A2 = Luas penampang 2 (m2)

kita coba buktikan dengan penerapan contoh soal rumus hukum pascal :

jika sebuah dongkrak hidrolik dengan
luas penampang A1 seluas 0,04 m2
dan luas penampang A2 seluas 0,10 m2
jika tenaga yang ditekan pada penampang A1 sebesar 5 Newton
maka rumus nya menjadi :

F2 = ( F1 / A1 ) x A2
     = ( 5 / 0,04 ) x 0,1
     =  12,5 N

jadi dari contoh soal hukum pascal diatas terbukti gaya tekan keatas oleh penampang A2 menjadi lebih besar yaitu 12,5 N

Penerapan Hukum Pascal Perangkat Hidrolik Alat Berat
hukum pascal penerapan pada alat berat
coba jika Penerapan nya menggunakan dongkrak hidrolik / dongkrak mobil model botol dengan kapasitas lebih besar misalnya penampang A2 nya 0,36 m2
maka akan didapat rumus hukum pascal:

F2 = ( F1 / A1 ) x A2
     = ( 5 / 0,04) x 0,36
     = 45 N

jadi makin besar penampang A2, maka kemampuan nya akan lebih besar pula.
jadi terbuktilah Penerapan Pengertian bunyi hukum pascal diatas.

tidak bisa dibayangkan andai sistem rem pd mobil tak menerapkan Hukum Pascal. Pengemudi mobil bakal membutuhkan power besar buat mmemberhentikan kecepatan mobilnya. Beruntunglah, dgn penerapan Hukum Pascal pd sistem rem mobil, pengendara cuma harus memberi tenaga kecil buat pelan laju mobilnya. Gaya ini berupa injakan bertekanan dari kaki pd pedal rem. Gaya ini dilanjutkan oleh minyak melewati pipa  hingga memberi gaya yg lbh besar pd rem yg  terdapat di ban mobil. Oleh sebab itu, kecepatan mobil  dpt berkurang.

Contoh berikutnya adalah pada usaha cuci & salon Mobil dimana terdapat alat hidrolik yang mampu mengangkat mobil sampai tinggi sampai keatas kepala, sehingga seseorang yang akan membersihkan dan mencuci dibagian kolong dapat leluasa di bawah mobil tanpa membungkuk.Penerapan Hukum pascal banyak digunakan pada mesin-mesin pabrik termasuk alat berat seperti gambar diatas yaitu Backhoe atau Excavator.



Related Post